HUBUNGAN POLA DAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN KEJADIAN STROKE PADA PASIEN DI RUANG NEUROLOGI RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2013

Dublin Core

Subject

Description

Stroke adalah kumpulan gejala klinis yang berkembang cepat akibat gangguan serebral fokal atau global yang berlangsung lebih dari 24 jam atau yang mengarah kematian, tanpa penyebab lain selain dari faktor vaskuler. Penderita stroke tiap tahunnya meningkat di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pola dan kebiasaan makan dengan kejadian stroke pada Pasien di Ruang Neurologi Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2013.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan case-control study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat di Ruang Neurologi Rumah Sakit Stroke Nasional dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan jumlah 34 responden yang dibagi pada 2 kelompok. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan quesioner, kemudian data diolah dengan uji Chi-Square test.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan pola dan kebiasaan makan dengan kejadian stroke. Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,002, hasil ini lebih rendah dari nilai ? 0,005.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola dan kebiasaan makan dengan kejadian stroke. Diharapkan kepada responden agar merubah pola dan kebiasaan makan yang kurang sehat agar tidak terjadi serangan stroke berulang.

Creator

Wiwi Yulia Nengsi

Files

Citation

Wiwi Yulia Nengsi, “HUBUNGAN POLA DAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN KEJADIAN STROKE PADA PASIEN DI RUANG NEUROLOGI RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2013,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/231.

Document Viewer

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking