Pengaruh Mobilisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Fraktur di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi

Dublin Core

Subject

Description

Kecemasan merupakan gejolak emosi seseorang yang berhubungan dengan sesuatu diluar dirinya dan mekanisme diri yang digunakan dalam mengatasi permasalahan. Dampak kecemasan ini bisa mengakibatkan kesengsaraan, keputusasaan, selalu merasa kekurangan, pendiam, dan menyendiri. Berdasarkan survei awal, di Ruangan Rawat Inap Bedah didapatkan kecemasan 3 dari 5 responden mengatakan cemas tentang fraktur yang dialaminya, tujuan dilakukan penelitian ini adalah melihat apakah ada Pengaruh Mobilisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Fraktur. Apabila pasien fraktur tidak dilakukan mobilisasi maka pasien yang fraktur akan cendrung mengalami tingkat stres yang tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pra Eksperimen .Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien fraktur yang dirawat di Unit Rawat Inap Bedah RSUD Dr. Achmad Mochtar dengan jumlah sampel 9 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan cara pengambilan sampel secara subjektif oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis univariat dengan observasi eksperimental melalui distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji paired t-test secara komputerisasi.
Hasil uji statistik didapatkan nilai rata-rata (Mean ) Pretest 21.78 dan Postest adalah 15.11 dan didapatkan p value =0.000 < (? = 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Mobilisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Fraktur. Maka disarankan kepada penderita Fraktur hendaknya melakukan mobilisasi karena bisa mengurangi stress.

Creator

Desvira Ayu Elita

Files

Citation

Desvira Ayu Elita, “Pengaruh Mobilisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Fraktur di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed January 27, 2022, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/239.

Document Viewer

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking