FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MENJADI KOMPOS DI JORONG KAMPUNG PADANG KABUPATEN PASAMAN
TAHUN 2015

Dublin Core

Description

Kesehatan menurut WHO (World Health Organization) diartikan sebagai keadaan baik secara menyeluruh termasuk kondisi fisik, mental dan sosialnya, tidak sekedar ketiadaan suatu penyakit atau kecacatan. Dalam pengertian kesehatan seperti inilah setiap kondisi lingkungan yang berpengaruh kepada gangguan fisik, mental, dan sosial seseorang pada dasarnya adalah pengaruh lingkungan terhadap kesehatan (Anshari, 2001).
Jorong Kampung Padang merupakan Jorong yang masuk dalam Wilayah Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Berdasarkan data kependudukan Nagari Aia Manggih diketahui penduduk Jorong Kampung Padang tersebut sebanyak 343 KK dengan jumlah 1620 jiwa. Penduduk Jorong Kampung Padang bersuku minang dan beragama islam. Penduduk Jorong Kampung Padang umumnya bertani dan hanya sebagian kecil yang bekerja PNS.
Berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan di Jorong Kampung Padang Kabupaten Pasaman tahun 2015 terhadap 77 responden maka dapat disimpulkan bahwa Lebih dari separo respondenberpengetahuan rendah tentang pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi kompos yaitu sebanyak 55 responden (71.4%). Sebagian besar responden tidak membutuhkan pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi komposyaitu sebanyak 58 responden (75.3%). Lebih dari separo responden memiliki kemampuan membuat kompos yaitu sebanyak 46 (59.7%) responden. Sebagian besar responden tidak mengolah sampah organik rumah tangga menjadi kompos yaitu sebanyak 59 responden (76,6%). Ada hubungan bermakna antara pengetahuan dengan pengolahan sampah organik rumah tangg a menjadi kompos (p = 0.009). Ada hubungan bermakna antara kebutuhan dengan pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi kompos (p = 0.001). Tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan dengan pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi kompos (p = 0.1329).

Creator

Penulis : Habsah Wahyuni
Pembimbing 1 : Amdarisman
Pembimbing 2 : YeffiMasnarivan

Files

Citation

Penulis : Habsah Wahyuni Pembimbing 1 : Amdarisman Pembimbing 2 : YeffiMasnarivan, “FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MENJADI KOMPOS DI JORONG KAMPUNG PADANG KABUPATEN PASAMAN
TAHUN 2015,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/291.

Document Viewer

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking