Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum PIQ Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman Tahun 2015

Dublin Core

Description

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan desensitisasi terhadap tungau Sarcoptes Scabiei dan banyak di jumpai di pondok pesantren. Scabies saat ini oleh badan kesehatan dunia (WHO) dianggap sebagai pengganggu dan perusak kesehatan yang tidak dapat lagi dianggap hanya sekedar penyakitnya orang miskin karena penyakit ini telah merebak menjadi penyakit kosmopolit yang menyerang semua tingkat sosial. Prevalensi penyakit Scabies di Indonesia adalah sekitar 6-27% dari populasi umum dan cenderung lebih tinggi pada anak dan remaja. Prevalensi Scabies di Indonesia menurut Depkes RI berdasarkan data dari Puskesmas seluruh Indonesia tahun 2008 dalah 5,6%-12,95%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan personal hygiene dengan kejadian scabies yang menggunakan metode deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional dan menggunakan teknik total sampling dengan sampel 176 responden. Analisa dalam penelitian ini adalah analisa bivariat dan hasil analisa dapat diketahui adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan kejadian scabies, dimana nilai p=0,044. hubungan antara perilaku personal hugiene dengan kejadian scabies, dimana nilai p=0,036. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel independen yaitu pengetahuan dan perilaku personal hygiene dengan variabel dependen yaitu kejadian scabies pada santri di pondok pesantren Darul Ulum Cubadak. Saran ditujukan kepada pondok pesantren perlunya membuat kebijakan, sanksi atau penghargaan bagi santri yang melaksanakan kebersihan diri dan kesehatan lingkungannya.

Creator

Penulis : Ira Syafitri
Pembimbing I : Rinawati Kasrin
Pembimbing II : Rahmi Kurnia Gustin

Text Item Type Metadata

Text

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies

Files

Citation

Penulis : Ira Syafitri Pembimbing I : Rinawati Kasrin Pembimbing II : Rahmi Kurnia Gustin, “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum PIQ Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman Tahun 2015,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/294.

Document Viewer

Click below to view a document.

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking