Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi Tahun 2015

Dublin Core

Description

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang besar. Data dari studi global menunjukkan bahwa jumlah penderita diabetes mellitus pada tahun 2013 telah mencapai 382 juta. Di Kota Bukittinggi, prevalensi DM meningkat setiap tahunnya, dan Puskesmas Mandiangin menempati urutan pertama jumlah kasus Diabetes Mellitus tipe II pada lansia yaitu 5,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan kejadian Diabetes mellitus tipe II pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2015. Populasi pada penelitian ini adalah semua lansia yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin yang berjumlah 1.376 orang, dengan sampel sebanyak 93 orang, yang dipilih melalui metode simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah wawancara dengan kuesioner dan pengukuran gula darah dengan glucosemeter. Data diolah dengan menggunakan uji statistic chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan kejadian Diabetes Mellitus Tipe II adalah variabel aktifitas fisik p value = 0,0005, Obesitas p value = 0,027, dan riwayat keluarga DM p value = 0,0005.
Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang bermakna antara aktivitas fisik, obesitas, dan riwayat keluarga DM dengan kejadian DM tipe II pada lansia. Oleh karena itu disarankan kepada Puskesmas Mandiangin untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan berupa peningkatan motivasi dan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat melalui penyuluhan, dan meningkatkan program promosi kesehatan tentang faktor- faktor yang berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus tipe II.

Creator

Penulis : Neria Sriwandi
Pembimbing 1 : Mutia Felina
Pembimbing 2 : Debby Ratno Kustanto

Text Item Type Metadata

Text

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lansia

Files

Citation

Penulis : Neria Sriwandi Pembimbing 1 : Mutia Felina Pembimbing 2 : Debby Ratno Kustanto, “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi Tahun 2015,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/295.

Document Viewer

Click below to view a document.

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking