Evaluasi Pelaksanaan Pencegahan Dan Penaggulangan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2015

Dublin Core

Description

Penyakit Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegpty. Jumlah kasus DBD di Kota Bukittinggi tahun 2014 masih ada 126 kasus. Dari perbandingan tujuh Puskesmas terdapat kasus DBD yang tertinggi yaitu Puskesmas Tigo Baleh yang berjumlah 30 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa jauh pelaksanaan program pencegahan dan penaggulangan penyakit DBD di Puskesmas Tigo baleh tahun 2015. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, dimana peneliti melakukan eksporalisasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu atau lebih orang. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu melalui wawancara, observasi dan data sekunder yaitu melalui dokumenter. Pelaksanaan wawancara dilakukan di Puskesmas Tigo baleh dan rumah masyrakat mulai bulan Mei-Oktober tahun 2015. Teknik penarikan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling, Jumlah sampel yaitu delapan orang. Data yang diperoleh kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan triangulasi sumber. Selanjutkan analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis secara umum yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program pencegahan dan penaggulangan penyakit DBD belum sesuai dengan hal yang diharapkan. Disebabkan adanya berbagai hambatan yang muncul antara lain minimnya dana, kurangnya kesadaran masyarakat, masih kurangnya gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) kurangnya tenaga kesehatan, tenaga yang bekerja harus mengerjakan tugas rangkap/ganda, dan susahnya koordinasi dengan beberapa pihak. Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas mengkoordinasikan dan mengusulkan peningkatan anggaran, serta upaya masyarakat disadarkan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, dan melakukan PSN DBD secara rutin.

Creator

Penulis : Ayu Sri Rahayu
Pembimbing I : Rinawati Kasrin
Pembimbing II : Yeffi Masnarivan

Files

Citation

Penulis : Ayu Sri Rahayu Pembimbing I : Rinawati Kasrin Pembimbing II : Yeffi Masnarivan, “Evaluasi Pelaksanaan Pencegahan Dan Penaggulangan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2015,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/298.

Document Viewer

Click below to view a document.

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking