ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BAYI Ny. R DENGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RS ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI TAHUN 2016

Dublin Core

Description

Salah satu faktor penyebab tingginya angka kematian bayi adalah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) . Bayi berat lahir rendah adalah bayi yang berat badannya saat lahir dibawah 2500 gram. Berdasarkan laporan WHO tahun 2011 sekitar 25 juta bayi mengalami BBLR setiap tahun dan hampir 5% terjadi di negara maju sedangkan 95% terjadi di negara berkembang. Menurut OEC dan WHO tahun 2013 indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang memiliki peran penting dalam perekonomian dunia, menempati urutan ketiga sebagai negara dengan prevalensi BBLR tertinggi (11,1%), setelah india (27,6%) dan afrika selatan (13,2%). Sementara menurut Proverawati dan Ismawati tahun 2010 di indonesia 29% kematian bayi secara langsung dikarenakan BBLR. Berdasarkan data medik RS Islam Ibu sina Bukittinggi di dapat data jumlah bayi selama setahun pada bulan januari 2015 sampai desember 2015 sebanyak 1878 kelahiran hidup. Diantaranya 1592 kelahiran dengan berat bayi lahir normal, 210 kelahiran dengan BBLR, dan 76 kelahiran dengan bayi lahir patilogi. Setelah dilakukan perawatan dirumah sakit sesuai asuhan yang diberikan selama 3 hari, didapatkan hasil berupa keadaan umum bayi baik, suhu bayi 36,8 derjat C, denyut jantung bayi 142 x/menit, pernafasan bayi 46 x/menit, berat badan bayi pada hari kedua dan ketiga mengalami kenaikkan, ibu bayi telah mengetahui dan mengerti perawatan bayi dirumah. Pada kasus ini ditemukan beberapa kesenjangan antara teori dan kasus.

Creator

Penulis : TITIT NOVIA ROSA
Pembimbing : Siti Khadijah

Text Item Type Metadata

Text

ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR DENGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH

Files

Citation

Penulis : TITIT NOVIA ROSA Pembimbing : Siti Khadijah, “ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BAYI Ny. R DENGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG PERINATOLOGI RS ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI TAHUN 2016,” Repository Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, accessed December 8, 2021, http://repository.ikespnb.ac.id/items/show/316.

Document Viewer

Item Relations

This item has no relations.

Social Bookmarking